My Pages

Putri Nurul Hidayati. Pasuruan. Powered by Blogger.

Tuesday, October 15, 2013

Teori pemerolehan bahasa kedua (The Acquisition of Second Language Theory)

Teori pemerolehan bahasa kedua (The Acquisition of Second Language Theory)
Oleh Stephen Krashen
            Bahasa dikuasai melalui proses bawah sadar (unconscious mind) dan bisa berlangsung melalui komunikasi yang natural. Komunikasi semacam ini terjadi pada masa kanak-kanak.
            Comprehensible input merupakan metode pertama dalam pengajaran pemerolehan bahasa kedua yaitu dengan mendengarkan dan memahami tentang apa yang disampaikan oleh pembicara, ketika anak terus dibiasakan dengan berbahasa kedua maka anak tersebut akan terbiasa dan akan memahami bahasa dengan sendirinya. Affective filter memiliki peranan penting dalam pemerolehan bahasa kedua, dalam hipotesis ini ada tiga hal yang memiliki peran penting dalam pemerolehan bahasa kedua seseorang, tiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
1) Motivation (motivasi)
2) Self-confidence dan
3) Anxiety (rasa takut)
Oleh karena itu jangan pernah padamkan lampu motivasi, tingkatkan rasa percaya diri dalam berbahasa dan kurangi rasa takut dalam menggunakan bahasa kedua.

            Language acquisition device (LAD) adalah alat pendukung input pemerolehan bahasa dengan cepat dan akurat sehingga anak-anak akan dapat memahami bahasa dengan baik contoh: ketika mengajarkan tentang buah (fruits), akan lebih baik bila mengajarkannya dengan menggunakan media/alat-alat nyata seperti flashcard, pictures, dll. Karena dengan menggunakan media/alat-alat tersebut maka anak-anak akan memperoleh pemahamannya (Acquired knowledge). Kemampuan anak dalam berkomunikasi menggunakan bahasa kedua diperoleh setelah anak mempelajari bahasa tersebut (learnt knowledge). Sehingga Output/goal dalam pembelajaran bahasa akan dapat mencapai target.

0 komentar:

 
Powered By Blogger