My Pages

Putri Nurul Hidayati. Pasuruan. Powered by Blogger.

Tuesday, October 15, 2013

Lestarikan BUDAYA di Fakultas mu!

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta yang mempunyai arti budi atau akal. Dalam bahasa Inggris, budaya adalah culture berasal dari bahasa Latin “colore” yang mempunyai arti mengelolah atau mengerjakan. Pengertian secara lengkap “budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi”. (wikipedia.org).
Suatu budaya bila tidak dijaga atau dilestarikan dengan baik maka lambat laun akan menghilang dan luntur keberadaannya karena pelaku budaya tidak mengelolah dan mengerjakannya sebagaimana mestinya. Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan berjiwa patriolisme maka kita harus peduli akan keberagaman budaya di tanah air yang sangat berharga.
Budaya itu berada di setiap sudut daerah (Pulau, Propinsi, Kota, Kabupaten, Kecamatan dan Desa) di Indonesia seperti di daerah aceh yang terkenal dengan budaya tari Samannya, Betawi terkenal dengan budaya Ondel-ondelnya yang khas dan unik, dll. dan tempat-tempat lain yang terdapat sebuah komunitas yang terstruktur (Sekolah, Tempat kerja, Universitas, dll)
            Lalu bagaimana kita sebagai seorang mahasiswa-hidup di universitas dengan beberapa macam profesi di dalamnya (dosen, tukang kebun, dll)- agar menjadi mahasiswa yang baik dengan menjaga budaya yang bagus diterapkan di universitas?
            Nah .... Di sini akan dibahas tentang budaya-budaya baik yang perlu dilestarikan oleh pelajar di university dan akan bermanfaat bila kita mau menerapkannya.
Apa budaya-budaya itu?
RAJIN BELAJAR
Biar tidak mengandalkan SKS (Sistem Kebut Semalam) ketika Ujian

GEMAR MEMBACA
Dengan banyak membaca maka wawasan dan ilmu pengetahuan kita akan bertambah
  
DISIPLIN
Setiap tindakan akan mempunyai konsekuensi jika tidak disiplin  dalam menjalankannya. Disiplin dapat menjaga konsistensi atas tindakan yang dilakukan. Tidak disiplin mengerjakan tugas kuliah maka akan mendapat hukuman


KEEP CLEANING
Peduli lingkungan dan menjaga kebersihan. FBS bersih maka kita pun akan asri melihatnya & nyaman merasakannya. Dengan begitu kita sudah menjadi orang yang beriman karena menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman

KOMPAK
Kita harus kompak dalam segala hal yang bermanfaat termasuk kompak demi memajukan FBS tercinta

MENGGUNAKAN WAKTU DENGAN BAIK
Jangan pernah menyiakan waktu karena ia tak akan pernah kembali. Gunakan waktumu dengan melakukan hal yang positif


MENGHARGAI/ MENGHORMATI GURU
Cara membalas budi jasa guru yaitu salah satunya kita harus menghormati dan menghargai beliau. Ilmu manfaat bila guru meridhoi. Jangan pernah buat guru marah karena sikap kita yang kurang baik

MENGHARGAI SESAMA
Dengan menghargai sesame maka akan tercipta perdamaian dan jauh dari perselisihan

SAY HELLO & SMILE
Dengan membudayakan senyum maka secara implisit kita bershedekah “senyum adalah sedekah paling murah”. Selain itu juga dapat mempereret tali silaturrahmi. Krena itu adalah bentuk peduli kita terhadap sesama.





Setelah tahu budaya-budaya tersebut diatas. Jadi apa action kita selanjutnya? Melestarikan kebudayaan-kebudayaan tersebut. Dengan begitu maka akan tercipta Fakultas Bahasa dan Sastra yang sangatlah SEPEDA.

SEPEDA?
これ は 何 ですか。
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA YANG SEPEDA (Sejahtera Penuh Damai)
Semoga bermnfaat!
ありがとうございます。。。

0 komentar:

 
Powered By Blogger