My Pages

Putri Nurul Hidayati. Pasuruan. Powered by Blogger.

Wednesday, May 30, 2012

Manfaat & Hikmah Shalat Berjama'ah



            Sebagai muslim dan muslimah mungkin pernah berfikir “masih mending sudah melaksanakan rukun islam yang kedua daripada tak pernah sama sekali, tak berjama’ah pun tidak jadi masalah toh yang penting sudah sholat lima waktu on time”. Astagfirullahal’adzim … Ya ukhti jangan pernah menganggap remeh tentang jama’ah dalam sholat, karena perlu ukhti ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW menyuruh kita untuk berjama’ah. Bahkam hukum sholat jama’ah sendiri hampir dan nyaris menjadi wajib (kok bisa?) dalam sabdanya Nabi Muhammad SAW menerangkan  bahwa ada tiga hal menyebabkan diperbolehkannya tidak berjama’ah yaitu hujan deras, sakit, dan ketiduran diluar itu beliau murka melihat umatnya yang menganggap remeh terhadap berjamaah.
            Perlu ukhti ketahui bahwa sholat dengan berjama’ah itu mempunyai banyak hikmah dan manfaat, yaitu:
  1. Akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, "shalat berjamaah itu lebih utama 27 derajat daripada shalat sendirian." (HR. Muslim)
  2. Akan menumbuhkan semangat dalam diri seseorang untuk meningkatkan amal shalihnya, dikarenakan ia melihat semangat ibadah dan amal shalih saudaranya yang hadir berjamaah bersamanya. 
  3. Berjamaah menjadi sarana turunnya rahmat dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala
  4. Mengikuti sunnah Rosulullah yang sering melaksanakan sholat jama’ah dengan para sahabat  
  5. Membiasakan seseorang untuk bisa menahan diri dari menuruti kemauan egonya. Dari statement tersebut, maksudnya Ketika dia mengikuti imam secara tepat, tidak bertakbir sebelum imam bertakbir, tidak mendahului gerakan imam dan tidak pula terlambat jauh darinya serta tidak melakukan gerakan bebarengan dengannya, maka dia akan terbiasa mengendalikan dirinya.
  6. Membiasakan umat Islam untuk senantiasa bersatu dan tidak berpecah belah. Dalam berjamaah terdapat kekuasaan kecil, karena terdapat imam yang diikuti dan ditaati secara tepat. Hal ini akan membentuk pandangan berIslam secara benar dan tepat tentang pentingnya kepemimpinan (imamah atau khilafah) dalam Islam.
  7. Memberikan motifasi bagi orang yang belum bisa rutin menjalankan shalat berjamaah, sekaligus mengarahkan dan membimbingnya seraya saling mengingatkan untuk membela kebenaran dan senantiasa bersabar dalam menjalankannya.
  8. Adanya perasaan berdiri dalam suatu barisan Jihad
    إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ
    "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam         barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun        kokoh." (QS. Ash Shaff: 4)
  9. Berkumpulnya para Malaikat pada waktu shalat shubuh dan ashar serta permohonan ampun mereka bagi yang hadir ketika sholat berjamaa
  10. Menyamai shalat separuh malam atau sepanjang malam. Dan massih banyak hikmah dan manfaat berjama’ah.
            Sesungguhnya sholat jama’ah itu lebih utama dan suci daripada sholat sendiri bahkan bisa menyempurnakan sholat karena seperti yang telah diterangkan diatas bahwa  manfaat dan hikmahnya berjama’ah bisa memberikan pengaruh yang baik pada diri kita. Secara logika ketika kita sholat berjama’ah tentunya kita berkumpul dan menjadi satu dengan para jama’ah dalam satu tempat hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan menambah rasa kasih sayang antar jama’ah. Sesuai dengan fakta seperti biasa ketika sholat jama’ah selesai terlaksana para jama’ah saling berjabat tangan untuk memaafkan barang kali ada salah baik yang sengaja atau tidak, dari sini kita akan saling dan mudah mendapatkan ampunan dan maaf dari para jama’ah lainnya, kita pun tidak akan mempunyai tanggungan kalau misalnya kita pernah berbuat salah, mudahlah pula untuk kita untuk mendapatkan surga. Tidak salah pula bila kita berjama’ah maka doa kita akan mudah terkabul. Karena apa? Ketika imam berdoa dan kita (para jama’ah) pun bersama-sama meng-Amini doanya dengan penuh harap bahwa doanya tidak ditolak oleh Allah, dan  kita percaya doa itu akan mustajab, secara orang yang menjadi imam bukanlah sembarangan karena beliau mempunyai ilmu yang tinggi (sebagaimana yang telah diterangkan dalam kitab Fathul Qorib tentang syarat-syarat menjadi imam dalam sholat).
            Nah … manfaat yang lain, bila kita rajin berjama’ah (khususnya yang ada di Pondok Pesantren) adalah kita sudah berhasil, maksudnya berhasil mematuhi peraturan dan tidak melanggarnya kemudian membuat pengasuh, ustadah, pengurus dan kemanan senang serta bangga melihat anak didiknya rajin dan disiplin dalam berbuat kebaikan termasuk jama’ah (yang menjadi wajib di Pondok). Akan berpahala besar bila kita niat besar untuk malakukannya bukan karena pengasuh dan yang lainya, absen, dan takut kenak ta’zir tapi niat LILLAHI TA’ALA.
Bukankah begitu ukhti?

Referensi : Serial Buku Darul Haq Ke-6, Ada 40 manfaat shalat berjamaah, Abu Abdillah Musnid al-Qathani.


0 komentar:

 
Powered By Blogger